:: Visit http://mtm.thinkpadder.id to check your Thinkpad Spec ::

[TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement + Tes

Diskusi seputar X series
Post Reply
kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

[TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement + Tes

Post by kangkemod » 08 Sep 2015 09:14

Hi! Kali ini saya membuat tutorial dan share penggantian cell batere pada Lenovo Thinkpad X230 Tablet milik saya. Tutorial ini tidak se-daredevil tutorial saya yang terdahulu (HW BIOS Whitelist Removal) sehingga user yang 'mechanically challenged' bisa melakukannya juga.

Saya membeli (baca: impor; karena Lenovo Indonesia kerap terlambat hingga 1 tahun untuk melaunch produk baru) Lenovo Thinkpad X230 Tablet ini pada Agustus 2012. Saya belum berencana menggantinya dengan Thinkpad baru karena trend Lenovo sejak X230 Tablet untuk convertible lebih ke arah size, weight, dan power reduction, sehingga tidak heran performance keseluruhan convertible laptop terbaru selalu melambat dibanding generasi selanjutnya (lihat Thinkpad Yoga Gen 1 dan Gen 2). Tidak hanya itu, fitur standarnya pun kerap dikebiri: ExpressCard (untuk peripheral yang membutuhkan direct IRQ native interface seperti RS232/RS485), docking station (untuk ekspansi port dan drive), dll. Sehingga saya memutuskan untuk tetap mempertahankan convertible laptop ini dan menjaganya untuk selalu tetap aktual. Seiring waktu saya mengupgrade RAM (Corsair Vengeance SODIMM 2x8GB PC1866), storage (Samsung 850Pro 1TB), modifikasi whitelisting untuk upgrade WWAN (Sierra Wireless LTE 7710), dan WLAN (Broadcomm4396 3x3:3 802.11ac 1300Mbps + BT4.0). Namun ada 1 komponen penting untuk sebuah mobile device yang termakan umur dan hampir terabaikan: baterai.

Harga baterai asli Lenovo untuk laptop ini sebenarnya tidak terlalu mahal (sekitar Rp. 1,100,000 atau kurang di pasar online) tapi sayangnya hampir pasti adalah stok lama, sedangkan kapasitas maksimal baterai Lithium-Ion akan berkurang terus baik dipakai maupun tidak, jadi mengganti cell baterai sendiri dengan cell yang benar-benar baru adalah pilihan tepat.

Perangkat perang yang saya gunakan:
1. Atten 8586 Solder Station (PID Controlled Solder Iron & Hot Air)
2. Multicore Ersin 0.46mm Leaded Solder Wire (Sn62/Pb36/Ag2)
3. MG Chemicals RA Type Rosin Flux (ROM1 Class) dan Bonkote SMD flux brush
4. Isopropyl Alcohol dan Aqua Distillata
5. Kimwipes Kimtech Science lint free tissue dan antistatic brush.
6. Mini bench vise (ragum)
7. Kabel ukuran 22AWG dan wire stripper
8. Makita 906 Tuner Grinder, kikir, dan obeng minus kecil
9. Loctite Polyacrylate Gel glue
10. Arctic Silver AB Epoxy Thermal Adhesive
11. Kapton tape ukuran besar dan gunting
12. 6x Panasonic NCR18650B 3.7V 3400mAh Unprotected 18650 Lithium Ion Cell
13. Software: Lenovo Thinkvantage Power Manager 6.67.5 dan CPUID HWMonitor 1.28

Alat tambahan yang saya gunakan (untuk keperluan uji):
1. Applent Instruments (Anbai) AT8612 (300W, 150V, 30A Digital DC Electronic Load Tester)
2. iCharger 208B (350W 8S Digital Smart Hobby Multifunction Balanced Charger/Discharger) dan 24VDC 20A Switching Power Supply
3. DIY Ghetto Style 26650/18650 8S charger enclosure set
4. Timbangan digital kecil 500x0.01g

Image

Pada saat tulisan ini dibuat, Windows 7 sudah memberikan peringatan pada battery icon di taskbar untuk segera mengganti baterai. Saya juga membaca kapasitas maksimal baterai tersisa sekarang menggunakan CPUID HWMonitor dan hasil yang ditampilkan (21,820mWh) tersisa 35% dari designed capacity (62,160mWh) makin membulatkan niat untuk segera mengganti cell baterai.

Image

Untuk membuka baterai, saya mencungkil bagian-bagian yang bisa diselipi ujung obeng minus kecil hingga terbuka dan bisa dimasuki jari. Selanjutnya saya membukanya dengan menggunakan cara yang tidak terpuji, yaitu kekerasan dan umpatan. Bateraipun terbuka tanpa ada bagian yang patah.

Image

Saya tidak melihat ada bekas lem pada enclosure baterai Lenovo ini (desain enclosure yang baik dan cermat biasanya tidak memerlukan 'kontribusi' touch up dari lem). Sel baterai yang digunakan di Lenovo 67+ Battery Pack ini adalah Sanyo UR18650ZT 2800mAh. Baterai ini memiliki reputasi sangat baik, kapasitas real baterai ini pada current draw 3A mencapai 2,488mAh (angka yang sangat baik melihat klaim kapasitasnya) menurut hasil tes independen di situs Lygte-Info. Dapat dilihat juga pada board chargernya, Lenovo menggunakan smart lithium multicell charger controller chip dari Texas Instruments (BQ29330). Chip ini terhitung sangat baru (dilaunch Maret 2012) pada saat laptop ini diluncurkan (Mei 2012). Chip ini berfungsi untuk balance charging cycle (mencegah ketidakseimbangan tegangan baterai yang mengakibatkan rugi kapasitas total), smart charging cycle (pengisian baterai dengan pulsa CC/CV proprietary dan current limit), health monitor (merekam jejak history kapasitas charging/discharging, jumlah cycle charging/discharging, dll), smart gas gauging, komunikasi I2C dengan chip dan ROM Texas Instruments BQ8030A (untuk identitas, status, kondisi baterai, pemrograman, dan upgrade firmware baterai), kendali host (watchdog dan POR, sleep dan ship control, dll), dan masih banyak lagi fitur cerdas lainnya. Fakta-fakta yang saya temukan tersebut membuktikan bahwa Lenovo Thinkpad bukan sekedar nama besar saja. Baterai yang begitu remeh pun didesain dengan baik dan menggunakan komponen unggulan hingga ke bagian terkecilnya.

Image

Image

Pertama-tama saya melepas solderan pada baterai (kabel dan board). Selanjutnya saya melepas RTD thermal probe yang menempel pada baterai. Probe ini memberikan feedback temperatur sel ke chip BQ29330 untuk health monitoring dan menentukan charging scheme. Probe ini tertempel dengan thermal epoxy, melepaskannya cukup mudah, hanya dengan sedikit mengikir, mencungkil, dan membersihkannya menggunakan kikir tipis tajam.

Image

Saya mengganti sel baterai dengan sel Panasonic NCR18650B 3400mAh Unprotected yang hingga saat ini masih merupakan baterai Lithium Ion 18650 terbaik yang ada di pasaran. *Lihat roundup Lithium Ion Battery 18650 dari Lygte-Info. Baterai ini memiliki performa yang sangat baik hingga banyak sekali pabrikan baterai terkenal membeli baterai ini untuk dilabel ulang dengan merk mereka sendiri (Ampmax, BattEnergy, Efest, Enerpower, Keeppower, XTar, dll). Sialnya baterai ini begitu populernya sehingga lebih mudah menemui barang palsunya ketimbang yang asli di pasaran (terutama di Indonesia). Saya sendiri pernah memergoki seorang pekerja di toko baterai Jakarta sedang membuka label baterai Lithium Ion 18650 dengan merk tak dikenal dan membungkusnya kembali dengan plastik shrink wrap Panasonic + heat gun di siang hari bolong seolah tanpa dosa. Tulisan tentang pemalsuan baterai Panasonic ini pun beredar luas di internet. Karena itu saya memutuskan untuk menguji profil baterai yang saya beli dan memastikan keasliannya pada tulisan selanjutnya di bawah.

Panasonic menerbitkan 2 versi baterai (protected dan unprotected). Baterai versi protected sedikit lebih panjang dan tidak muat di enclosure baterai pack Lenovo 67+. Sirkuit proteksi tambahan pada sel tersebut juga bisa sedikit mengurangi kapasitas sel aslinya (karena tambahan internal resistance pada sirkuit), tidak diperlukan, dan terkesan primitif karena Lenovo sudah melengkapi boardnya dengan chip kontrol berfitur ekstensif seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Image
Kiri-kanan: Baterai original Sanyo UR18650ZT 2800mAh pada Lenovo 67+ Battery Pack, Panasonic NCR18650B 3400mAh Unprotected, Panasonic NCR18650A 3100mAh Protected, dan Ultrafire 5000mAh.

Di gambar atas, saya menyertakan Ultrafire 5000mAh karena baterai ini sangat populer dan paling banyak dijual di toko baterai Indonesia, sekaligus untuk menginformasikan bahwa label tidak selalu bisa dipercaya. Baterai ini sangat 'optimis' dengan klaim kapasitasnya, namun di pengujian tidak pernah bisa melewati kapasitas 800mAh pada discharge 3A (terburuk yang pernah ada di pasaran). Baterai ini dapat dibeli dengan harga Rp. 40,000 atau kurang dan biasa digunakan di Power Bank murah dengan klaim kapasitas yang 'fantastis'. For your own sake, never buy this battery or any product with it....ever!

Sebelum memasang sel Panasonic tersebut, saya perlu memastikan keasliannya mengingat sel Panasonic ini adalah sel yang paling sering (jika tidak satu-satunya) yang dipalsukan. Begitu sulit mendapatkan kepastian sel yang asli di Indonesia. Pengujian keaslian yang pertama dan sederhana adalah berat baterai. Hasilnya berat rata-rata baterai adalah 45.9gram. Cocok dengan hasil review individual baterai asli di Lygte-Info yang juga 45.9 gram. Ini pertanda awal yang baik namun tidak cukup untuk saya.

Image

Selanjutnya saya memasang keenam sel baterai pada iCharger 208B Smart Charger/Discharger yang dihubungkan dengan balance board dan 'ghetto style' 8S 26650/18650 enclosure set yang saya rangkai dari single cell charger murah yang dibuang sirkuitnya (hanya memanfaatkan casingnya saja).

Image

Pengujian internal resistance dengan iCharger 208B memberikan nilai rata-rata hambatan sebesar 64 milliohm dan deviasi 5 milliohm yang berarti semua baterai memiliki umur seragam dan hambatan yang rendah, bahkan lebih baik daripada hasil uji di Lygte-Info yang hambatan internalnya mencapai 110 milliohm. Selanjutnya saya mendischarge baterai hingga tegangan 2.80V, lalu membalance chargenya kembali hingga tegangan 4.20V (sesuai rekomendasi pabrikan dan untuk menyesuaikan hasil uji dengan situs Lygte-Info). Hasilnya iCharger menunjukkan kapasitas baterai rata-rata 3167mAh dan deviasi tegangan baterai antar sel hanya 16 millivolt. Ini berarti semua sel memiliki keseragaman kapasitas yang sangat baik, berumur sama, dan belum lama dibuat.

Image

Masih belum puas, saya mencari second opinion dengan alat lain. Saya melakukan uji discharge menggunakan Applent Instruments AT8612 DC Electronic Load dengan mode Battery Capacity Test dengan power draw constant current @ 3A dan terminal voltage @ 2.80V untuk diakurkan dengan hasil uji Lygte-Info.

Image

Hasilnya: kapasitas baterai rata-rata adalah 3,224mAh. Lebih baik dari hasil uji Lygte-Info di 3,103mAh. Setelah melewati serangkaian uji bobot, internal resistance, kapasitas charge, dan kapasitas discharge terbukti bahwa sel yang saya miliki adalah sel asli, seragam, belum lama dibuat, dan telah mengalami improvement dari Panasonic sejak 3 tahun lalu.

Image

Sekarang saatnya memasang pada enclosure Lenovo 67+ Battery Pack. Perlu diketahui bahwa cara yang akan saya lakukan di bawah (menyolder) bukanlah cara yang ideal/tepat untuk merangkai baterai Lithium Ion. Pemaparan temperatur tinggi pada baterai Lithium Ion yang sensitif dapat mengakibatkan pengurangan kapasitas, usia pakai, kerusakan permanen, bahkan sel dapat menggembung dan meletus. Cara yang ideal adalah dengan menggunakan nickel tab dan spot welder. Namun bagi saya spot welder harganya relatif cukup mahal untuk pekerjaan yang hanya sesekali saja.

a. Pasang sel baterai pada ragum kecil
b. Gerinda kontak kutub sel dengan Makita 906 Mini Tuner Grinder dan/atau kikir untuk membuang lapisan nickel pada kontak agar memungkinkan untuk disolder timah dengan cepat.
c. Periksa hasil gerinda/kikir dan ulangi bila perlu
d. Oleskan flux solder paling agresif yang bisa didapat (saya memakai MG Chemicals Class ROM1 RA Rosin Flux dan aplikator Bonkote Brush)
e. Set solder pada temperatur setinggi mungkin (saya set di 340C) agar pemaparan tidak perlu lama. Bubuhkan timah dengan jumlah cukup banyak pada kontak kutub sel. Lakukan dengan sangat cepat (kurang dari 2 atau 3 detik)
f. Segera usap-usapkan lintfree tissue yang telah dibasahi dengan isopropyl alcohol untuk mendinginkan kutub
g. Periksa hasil solderan
h. Bubuhkan kembali solder flux
i. Solder kabel 22AWG yang telah diberi timah dengan jumlah cukup banyak pada kutub. Lakukan dengan sangat cepat (kurang dari 2 atau 3 detik)
j. Segera usap-usapkan lintfree tissue yang telah dibasahi dengan isopropyl alcohol
k. Bersihkan flux (agar tidak berpeluang karat untuk jangka panjang) dengan lintfree tissue, antistatic brush, dan isopropyl alcohol.
l. Periksa hasil solderan

Image

Ulangi langkah diatas dengan kutub dan sel lainnya. Rangkai baterai dengan 22AWG bare copper wire seperti pada gambar dibawah.

Image

Saya menggunakan thermal adhesive AB epoxy dari Arctic Silver untuk menempelkan RTD thermal sensor kembali pada sel baterai. Arctic Silver populer sebagai produsen high-end thermal grease terutama di kalangan overclocker. Thermal epoxy ini diklaim mengandung min. 62% micronized silver untuk hantaran thermal yang baik. Tidak banyak thermal adhesive bermutu baik di pasaran dan kebanyakan hanya silicone base untuk keperluan umum (mis. ShinEtsu Thermal Adhesive).

Image

Rangkai Baterai pada Lenovo 67+ Battery Pack sesuai skema aslinya dan kabel bawaan. Tutup semua kontak dengan kapton tape.

Image

Image

Pemasangan enclosure sangat mudah karena tidak ada bagian yang patah, saya hanya perlu membubuhkan 2 atau 3 titik lem Loctite Polyacrylate Gel di beberapa bagian (untuk peace of mind) dan enclosure menutup dengan kuat. Selanjutnya saya memasang baterai pada laptop dan melakukan kalibrasi/reset baterai dengan Lenovo Thinkvantage Power Manager di menu Battery>Battery Maintenance>Perform Reset>Continue. Power Manager akan mengisi baterai hingga penuh, mengosongkan, dan mengisi ulang kembali sambil mengukur kapasitas baterai baru dan mencatatnya pada chip Texas Instruments BQ8030A di board Battery Pack sebagai referensi kapasitas charge/discharge di penggunaan berikutnya.

Image

Kini Windows 7 tidak lagi memberikan peringatan penggantian baterai dan hasil bacaan HWMonitor memberikan kapasitas baru sebesar 70,880mWh! Lebih baik 12% daripada kapasitas original pada saat pembelian dan peningkatan 225% dibanding batere yang sudah berumur beberapa jam lalu. :)

Image

Image

Tips:
- Tidak perlu mengikuti amaran kebanyakan penjual Indonesia untuk mengecharge baterai mobile gadget baru selama berjam-jam/semalaman. Internal charger Lithium selalu terdapat pada device/baterainya sendiri yang akan menentukan berapa lama, kapan, dan bagaimana baterai dicharge, tidak peduli walaupun adapter terus dipasang. Adapter yang dipasang benar-benar hanyalah power adapter saja dan bukan chargernya. Mengecharge baterai baru berjam-jam bertujuan untuk desulfasi pada baterai lead acid yang dipakai di perangkat 'mobile' sebelum 25 tahunan lalu. Kini hanya sedikit perangkat consumer class yang memakai Lead Acid (UPS, mobil golf, solar generator, dsb). Sejak 25 tahunan lalu semua perangkat bergerak sudah menggunakan Nickel Cadmium/Metal Hydride battery yang tidak mengenal desulfasi dan sejak 15-20 tahun lalu Lithium Ion dan Lithium Polymer sudah umum digunakan.
- Jika baterai Lithium tidak akan digunakan dalam waktu lama, isilah baterai hingga kapasitas sekitar 40% (jangan penuh atau kosong) dan jika mungkin simpanlah di kulkas (jangan di freezer). Dengan demikian berkurangnya maximum rechargable capacity karena usia dapat diminimalkan. Trik yang sama digunakan manufacturer untuk memperpanjang usia penyimpanan di gudang, oleh karena itu sering kali baterai Lithium Ion sudah memiliki kapasitas 20-40% saat dibeli.
- Untuk memperpanjang usia pakai baterai, minimalkan jumlah charge/discharge cycle. Dengan kata lain sebisa mungkin selalu gunakan AC Adapter. Recoverable capacity Lithium Ion akan berkurang dengan charge/discharge cycle tidak peduli semuda apapun umurnya.
- Jangan membeli dan menyimpan baterai Lithium Ion dengan waktu lama untuk tujuan menggantikan baterai usang kelak. Recoverable capacity Lithium Ion akan tetap berkurang seiring waktu walaupun tidak dipakai. Beli hanya saat dibutuhkan saja.
- Periksalah manufacturing date baterai Lithium Ion untuk mendapatkan baterai yang berusia muda dan masih berkapasitas baik. Lenovo selalu menyertakan manufacturing date baterainya di dus kemasan.
- Berhati-hatilah dengan baterai palsu, beli dari penjual bereputasi baik dan ujilah dengan cara yang benar jika memungkinkan. Harga mahal tidak selalu berarti asli atau bermutu baik. Seringkali penjual tidak berniat menipu dan memang hanya benar-benar tidak tahu barang sehingga merugikan banyak orang. That's why stupidity and ignorance considered as one of the worst crime in humanity.



FamyJohan
Contributor
Contributor
Posts: 43
Joined: 13 May 2015 16:27
Location: Semarang

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by FamyJohan » 15 Sep 2015 14:19

Bro Kang, saya penasaran dengan ilmu mengenai baterry, bersyukur akhirnya nyasar ke thread ini

... mm artikel ini ditulis dengan detail dan penggunaan alat-alatnya lengkap ( bahkan banyak yang saya tidak paham ini O0 canggih banget Akang bisa punya alat-alat ini )

trimakasih sharign ilmunya, pastinya berharga

bisa jadi salah satu tema " BATTERY UNIVERSITY " minimal bisa meramaikan dunia thinkpadder Indonesia :-*

ditunggu lagi nih sharing oprekan baterry dan ilmu battery lainya ya kang
FamyJohan TP.024.3984
T400 2767-CTO / Core2Duo P8700 2,53 Ghz / Internal Intel4 series 14' LCD ( 1440x900) 16:10
E125 3035-36A / AMD E450 dualcore 1,65 Ghz / internal AMD 6320 11.6' LED ( 1366x768) 16:9

User avatar
si_kabayan
Senior Contributor
Senior Contributor
Posts: 97
Joined: 25 Nov 2012 06:23
Location: Parungpanjang

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by si_kabayan » 16 Sep 2015 09:31

Emejing! ;D

Mau komen banyak tapi speechless.
Yang rajin buat thread bermutu seperti ini kang ...
ThinkPad T520. 16GB RAM, 256GB SSD, WWAN Gobi 3000, 1TB Ultrabay HDD and 9 cell slice battery.

Powered by Debian Sid amd64

hanskucing
Global Moderator
Global Moderator
Posts: 9
Joined: 07 Oct 2015 09:05
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by hanskucing » 07 Oct 2015 09:32

gan, itu charging chip nya nggak tewas yah dicabut langsung gitu baterainya? kemaren sempet lihat di forum sebelah ada yang refill baterai thinkpad trus ic charging nya mati karena langsung dicabut baterainya

Cheetor
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 02 Jun 2014 21:09
Location: Indonesia

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by Cheetor » 07 Oct 2015 15:50

si_kabayan wrote:
> Emejing! ;D
>
> Mau komen banyak tapi speechless.
> Yang rajin buat thread bermutu seperti ini kang ...


Sama om...mau nanya udah dijelasin semuanya...tp dr sini ane tau kalo "dalaman" thinkpad bukan abal2....semoga thinkpad ane x220i jg gitu ;D

kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by kangkemod » 09 Oct 2015 18:09

hanskucing wrote:
> gan, itu charging chip nya nggak tewas yah dicabut langsung gitu
> baterainya? kemaren sempet lihat di forum sebelah ada yang refill baterai
> thinkpad trus ic charging nya mati karena langsung dicabut baterainya

Di smart battery circuit board (PCM) milik Lenovo tidak terdapat chip RAM (yang terhapus jika catu daya diputus) untuk menyimpan informasi atau setting apapun. Setting dan informasi baterai Lenovo disimpan pada chip ROM (contoh: TI BQ8030A pada X230 Tablet).

Jika terjadi kerusakan pada saat penggantian sel pasti cuma gara-gara human error/sloppy job (salah rakit, korslet, ESD, dsb).
Makanya jangan main ke forum sebelah, disini aja biar ga sepi :))

Fekeng
Junior
Junior
Posts: 9
Joined: 24 Dec 2012 08:48

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by Fekeng » 26 Jun 2016 00:12

Pas banget nemu trit yang bahas refiil baterai Thinkpad. Di Forum sebelah sudah ada yang bahas mengenai refill baterai laptop, katanya baterai Thinkpad gak bisa direfill :-[

Tapi yang dipraktekkan suhu ini sepertinya gampang ya hehe (bagi yang tahu elektronik). Buka jasa refill baterai gak gan ?? :D

Pengen coba juga di baterai Thinkpad X220t yang sudah mulai lemah.

Apa struktur atau skema baterai thinkpad X220t sama dengan punya X230T gan ?
Oya, baterai thinkpad X220t memang gak ada yang 9 cell ya ? coba cari-cari di ebay sepertinya maksimal cuma 6 cell.

chikachiki
Newbie
Newbie
Posts: 5
Joined: 13 Jul 2016 08:42
Location: jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by chikachiki » 13 Jul 2016 08:51

cukup rumit tapi membantu sekali untuk tutorial nya ..... thanks gan

kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement +

Post by kangkemod » 14 Aug 2016 05:29

> Tapi yang dipraktekkan suhu ini sepertinya gampang ya hehe (bagi yang tahu
> elektronik). Buka jasa refill baterai gak gan ?? :D

Tidak buka jasa service apa-apa mas, hehe.

> Apa struktur atau skema baterai thinkpad X220t sama dengan punya X230T gan
> ?

Semua batere laptop sama saja, tidak ada skema khusus/spesifik.

User avatar
ahok1213
Pro
Pro
Posts: 157
Joined: 18 Jun 2012 15:21
Location: Not in Heaven
Contact:

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement + Tes

Post by ahok1213 » 27 Oct 2017 10:34

Habis replace cell X230 ane, tapi battery wearnya kok gamau turun ya? Sayang jadinya ga full charged jadinya

User avatar
kiterunner
Junior
Junior
Posts: 11
Joined: 15 Nov 2017 15:35

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet Battery Cell Replacement + Tes

Post by kiterunner » 15 Nov 2017 18:31

Nyasar di thread suhu yang sangat informatif dan berguna.
MEski baterai X220 saya masih tergolong prima ( kapasitas 90% dari bawaannya meski sudah dipakai bertahun tahun ) tapi thread ini bener bener membuka mata kalau mau replace cell battery sendiri daripada harus keluar duit 1,3juta untuk beli baterai 9 cell yang sudah jelas oldstock. Terima Kasih suhu
X240 | 8GB DDR3L | 250GB Samsung EVO 850 SSD | ThinkPad UltraDock
X220 | IPS | 16GB DDR3 | 500GB Samsung EVO 850 SSD | Ericsson F5521GW | Ultrabase Docking Station
T420 Nvidia | 8GB DDR3 | 250GB Samsung EVO 850 | 1TB SSHD| Mini Dock Series 3
W500 | 8GB DDR3 | 1920X1200 | 250GB Samsung EVO 850 SSD | ATI FireGL V5700 | T9900

Post Reply