:: Visit http://mtm.thinkpadder.id to check your Thinkpad Spec ::

[TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW)

Diskusi seputar X series
Post Reply
kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

[TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW)

Post by kangkemod » 13 Mar 2014 16:22

Hi semua, ini adalah post pertama saya sejak join beberapa hari lalu. Salam kenal dan mohon petunjuknya :))

Sebagaimana dialami oleh semua pengguna laptop Lenovo, pilihan kita untuk mengupgrade hardware sangat terbatas hanya pada parts resmi dari Lenovo (terutama untuk kartu WLAN/WWAN) dikarenakan daftar "Whitelist FRU" di BIOS.
Lenovo tidak akan memasukkan daftar FRU atau PID/VID baru pada seri laptop lama, sayangnya bagi pengguna Lenovo di Indonesia ; yang selalu sangat terlambat merilis produk sejak rilis asli di negara asalnya (bahkan seringkali produk yang dengan bangganya dilaunching di dalam negeri sebenarnya sudah tidak lagi dijual di negara lain); tidak akan pernah bisa mengupgrade sistem yang baru dibelinya dengan parts/accessories terbaru. Saya sendiri sengaja membeli X230 Tablet dari US sekitar 1 tahun lalu atas alasan tersebut dan bahkan berbulan-bulan setelah pembelian, Lenovo Indonesia masih belum juga berencana merilis produk tersebut.

Saya mencoba memasang kartu WLAN halfcard mini PCI-E Intel Dual Band Wireless AC7260 + Bluetooth 4.0 yang tentu saja ditolak oleh Lenovo X230 Tablet (walaupun seandainya saya memasang kartu Intel AC7260 resmi dari Lenovo dengan FRU yang tepat sekalipun), karena kartu tersebut tidak dilist di dalam BIOS original X230 Tablet.
Beberapa BIOS programmer memang telah berhasil mengatasi masalah sejenis pada laptop Lenovo terdahulu dengan cara mengkode ROM BIOS untuk mem-bypass whitelist check atau merubah/menambahkan PID/VID list di ROM dan mem-flash-nya pada laptop seperti biasa. Sayangnya di laptop-laptop Lenovo yang dirilis belakangan (X230, X240, T430, dll) cara tersebut tidak lagi dapat dilakukan karena Lenovo telah memiliki mekanisme khusus untuk mencegah image ROM tidak resmi diflash ke ROM BIOS di laptop mereka.

But, resistance is futile, Lenovo! We can still do this in hard way...I mean the hardware way :P

Seperti yang sudah sangat dikenal
Image
The dreaded part blacklist from Lenovo.

Saya menyiapkan peralatan berikut:

1. Atten 8586 Solder Station (PID Controlled Solder Iron & Hot Air)
2. Multicore Ersin 0.46mm Leaded Solder Wire (Sn62/Pb36/Ag2)
3. MG Chemicals RA Type Rosin Flux (ROMI Class) di dalam Bonkote SMD flux brush
4. Multicore Loctite 3.5mm dan 0.8mm solder wick
5. Isopropyl Alcohol
6. Kimtech Kimwipes Science lint free tissue
7. SMD antistatic tweezer, antistatic brush, LED third hand holder, dll.

Image
Setup peralatan

8. Minipro TL866CS USB Universal EEPROM Programmer ~ saya beli seharga USD 39 dari Cina. Salah satu universal programmer dengan list chip EEPROM terlengkap yang ada di pasaran.
9. SOIC/SOP 8 to DIP adapter.

Image
Minipro TL866CS EEPROM Programmer


Pertama-tama saya membutuhkan image ROM BIOS modifikasi dari orang lain (saya tidak punya keahlian untuk itu) untuk membypass whitelist check. Saya mendapatkan ROM saya dari seorang BIOS guru di bios-mods.com. Saya mengirimkan 2 buah image backup ROM dari BIOS v 2.57 di laptop saya (menggunakan Universal BIOS Backup dan FPT Backup). Kedua image ini memiliki ukuran berbeda, 12MB dan 7MB. Saya tidak tahu persis yang mana yang dia butuhkan, sehingga saya kirim keduanya. Keesokan harinya dia membalas dengan 4MB image ROM yang sudah dimodifikasi dan siap untuk diflash.

Pada awalnya saya berencana untuk memflash chip kosong sehingga saya bisa menyimpan chip BIOS asli yang tidak tersentuh untuk recovery jika terjadi sesuatu pada saat flash. Dari informasi yang saya peroleh di internet, kita bisa mengenali jenis chip BIOS yang ada dengan FPT Backup Tools (yang mana saya temukan belakangan ternyata tidak selalu dapat dipercaya).

Image

FPT Backup Tool membaca kedua EEPROM BIOS (Main dan Embedded Controller BIOS) sebagai Macronix MX25L3205D dan Macronix MX25L6405D. Chip yang harus diflash adalah chip Main BIOS, sehingga saya membeli 3 buah MX25L3205D seharga 0.5 USD per pc dari Cina.

Saya membongkar laptop saya menggunakan Lenovo Hardware Maintenance manual yang bisa diperoleh dari Lenovo Support Page. Board laptop ditutup oleh tape besar hitam yang lengket sehingga menemukan lokasi chip BIOS agak sulit. Tapi saya cukup beruntung dan langsung menemukannya sejak pertama kali merobek tape tersebut. Chip BIOS terletak dekat slot Express Card seperti yang terlihat di foto berikut.

Image

Setelah saya melihat lebih dekat, ternyata saya membeli chip yang salah. Chip yang saya beli adalah MX25L3205D (sebagaimana dibaca oleh FPT Backup Tool) dan chip yang terpasang di board adalah MX25L3206E.
Saya mencari dokumen Macronix dan menemukan bahwa MX25L3206E yang terpasang adalah chip yang lebih baru untuk menggantikan MX25L3205D yang sedang dalam tahap henti produksi. Chip MX25L3205D yang lama mendukung perintah dual I/O, memiliki ACC/WP pin untuk penulisan, dll. Terlepas dari fakta bahwa kedua chip berbagi command set yang sama, kedua chip ini sebenarnya tidak saling kompatibel (belakangan saya mencobanya dan memang tidak berhasil). Macronix bahkan merilis dokumen untuk migrasi sistem ini.

Image
Tampak lebih dekat pada chip BIOS Lenovo X230 Tablet

Image
Perbandingan: MX25L3205D (yang terbaca oleh FPT Backup Tool) vs MX25L3206E (yang terpasang di board)

Mengapa FPT Backup Tool membaca chip dengan seri yang salah?
Jawab: Macronix menggunakan device ID yang sama untuk kedua chip dan beberapa chip MX25L32xx yang sejenis. MX25L3205D adalah seri yang dikenal oleh FPT Backup Tool untuk device ID yang terbaca.

Saya tidak mau membuang waktu lebih lama lagi untuk membeli chip yang benar (MX25L3206E), sehingga saya memutuskan untuk memflash image ROM yang sudah dimodifikasi pada chip BIOS asli bawaan board.

1. Saya menempelkan kapton tape di sekitar chip BIOS. Hal ini dilakukan bukan untuk melindungi komponen sekitar dari panas (terlepas dari sifat kapton tape yang tahan panas dan memiliki koefisien dielektrik tinggi, kapton tape bukanlah insulator termal yang baik), tetapi untuk mencegah komponen SMT di sekitarnya tertiup oleh Hot Air ketika solderan mulai meleleh.

2. Saya set hot air pada temperatur 250C dan menaikkannya secara bertahap hingga 320C dengan jarak 5-10cm bergantian di tiap sisi kaki chip. Sambil melakukan hal tersebut, saya menarik pelan chip dengan pinset SMD, dan chip pun terlepas.

Image
Hot Air pada chip

3. Saya membersihkan sisa timah bebas-timbal di board dengan solder dan solder wick berflux.

Image
Pembersihan sisa timah

Image
Chip terlepas

4. Saya menyolder chip pada adapter SOIC/SOP to DIP 8-pin untuk memungkinkan mounting langsung pada programmer. Kabel clamp SOIC to DIP terbukti tidak reliabel, saya mencobanya beberapa kali dan seringkali gagal (penulisan dan pembacaan - terlepas dari pesan berhasil oleh programmer). Bahkan penjual kabel clamp tersebut sudah memperingatkan tentang hal ini sebelum pembelian.

5. Saya menginstall Minipro TL866CS saya ke PC lain. Sangat mudah dan cepat. Kemudian saya pasang chip pada programmer dan mulai menjalankan program.

6. Pertama-tama, saya pilih chip yang sesuai dari daftar.

Image
EEPROM chip selection

7. Saya buka file image ROM yang telah dimodifikasi

Image

8. Saya pilih Device>Program dengan pilihan 'Erase before'

Image
Pemrograman berhasil

9. Saya flux pad pada board dengan rosin flux kelas RA/ROM1 favorit saya dengan kuas Bonkote untuk mempermudah dan mempercepat proses solder.

Image
Persiapan board

10. Saya set solder di temperatur 240C dan menggunakan timah solder bertimbal (dan diperkaya perak) favorit saya. Jika timah bebas-timbal digunakan, temperatur harus diset lebih tinggi sekitar paling tidak 40-50C untuk memperoleh hasil yang memadai.

Image
Penyolderan chip ke board

11. Saya bersihkan sisa flux dengan isopropanol, sikat antistatik, dan tisu lint free

Image
Pembersihan board

12. Chip tersolder kembali. Penyolderan dengan timah bertimbal sangat mudah dilakukan, memberikan hasil jauh lebih berkilau dan seringkali lebih terpercaya dibandingkan timah bebas-timbal.

Image

Pekerjaan tidak hanya sampai disini. Intel menggunakan switch untuk menyalakan/mematikan Bluetooth pada kartu AC7260 miliknya. Saya mencobanya di 2 buah PC lain sebelumnya dan Bluetooth tidak terdeteksi. Saya membaca di sebuah artikel, switch tersebut ada pada pin#51, dimana jika supply 3.3V dialirkan dari board ke pin tersebut, Bluetooth akan dinonaktifkan (dan sebaliknya). Sehingga solusinya sangat mudah, saya menempelkan kapton tape kecil pada pin bersangkutan.

Image
Intel Dual Band 7260AC + BT 4.0 dengan kapton tape di pin #51 untuk mengaktifkan Bluetooth

Saya memasang kembali laptop saya, dan laptop menampilkan layar blank hitam dengan bel error berpola 5 beep - pause - 5 beep. Laptop pada akhirnya tetap berhasil masuk pada proses POST dan saya masuk ke dalam BIOS. Saya mendapatkan bahwa Lenovo menggunakan sebuah security chip tambahan (chip TPM) pada laptopnya dan menyebabkan bunyi error & proses POST yang tertunda jika image ROM ilegal diinstal pada BIOS.
Untungnya fitur ini dapat dimatikan di dalam Security tab di setting BIOS.

13. Non aktifkan security chip (TPM)

Image

Setelah masuk ke dalam Windows, kita dapat melihat TPM yang telah non aktif dengan menjalankan perintah berikut
-"set devmgr_show_nonpresent_devices=1"
-"start devmgmt.msc"
Device Manager akan tampil, aktifkan 'show hidden devices' dan dapat terlihat TPM yang telah non aktif (tapi pernah ada sebelumnya)

Image
TPM non aktif

14. Selesai.

Image
Imbalan berupa bandwidth wireless 866.7 Mbps (dipasangkan dengan router ASUS RT-AC68 AC1900) dan Bluetooth 4.0 aktif.
Transfer file/networking bandwidth besar dengan kabel GBe LAN biasa sudah mulai dapat ditinggalkan dan Bluetooth Broadcomm bawaan dapat dilepas.


*Catatan: flash dengan kabel clamp langsung tanpa melepas chip tidak berhasil pada board ini. Programmer mengeluarkan error 'overcurrent'.


Next probable project:
Upgrade CPU to i7-3612QE Quad Core (BGA1023) using IR Reballing equipment, to make this awesome machine (still) - the most powerful and richest in feature - convertible laptop PC in the world. Great machine deserves great upgrades!



User avatar
JazzyJayz
Global Moderator
Global Moderator
Posts: 527
Joined: 01 Jun 2012 06:21
Location: between the letter G, H, and B

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by JazzyJayz » 13 Mar 2014 19:57

anjriiiiiiiiiit terbelalak mata gw mbaca satu2 catatan perjalanan dan tutorial super dari modif yang udah dilakuin omgan....
and frankly speaking gw banyakan ga ngertinya pas baca bagian prosedur teknisnya hahahahaha...

salut om... congrats buat WiFi adapter plus BT nya yg udah kepasang sempurna
ditunggu lagi project2 selanjutnya...

dan.... gw setubuh banget sama yg ini: "...Great machine deserves great upgrades!"
INDEED!!!
TP-021-1505
ThinkPad T460s | FHD IPS Display | 8GB DDR4 | 256GB XG4 NVMe M.2 SSD + 256GB SDCard
ThinkPad X220 | HD IPS Display | 8GB DDR3 | 256GB Samsung mSATA PM830 SSD + 500GB SSHD

User avatar
si_kabayan
Senior Contributor
Senior Contributor
Posts: 97
Joined: 25 Nov 2012 06:23
Location: Parungpanjang

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by si_kabayan » 17 Mar 2014 05:53

Artikel yang luar binasa :D

Saking bagusnya ane sampe mikir apa bener artikelnya buatan TS, bukan terjemahan dari internet >:D

Good job gan, forum ini butuh member-member seperti agan ...
ThinkPad T520. 16GB RAM, 256GB SSD, WWAN Gobi 3000, 1TB Ultrabay HDD and 9 cell slice battery.

Powered by Debian Sid amd64

User avatar
lexicon
Administrator
Administrator
Posts: 143
Joined: 01 Jun 2012 10:53
Location: Surabaya
Contact:

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by lexicon » 20 Mar 2014 04:47

Superb ! Salute !

Dan terima kasih banyak untuk sharing ilmu tingkat mahadewa :) Btw, Camera nya super sekali..
Currently on Thinkpads : T520, X301
"All parts should go together without forcing. Therefore, if you can't get them together again, there must be a reason. By all means, do not use a hammer." -- IBM maintenance manual, 1975

Lannion
Newbie
Newbie
Posts: 6
Joined: 19 Mar 2014 23:08
Location: Jember

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by Lannion » 20 Mar 2014 11:27

Asli....aku baca ampe pelan2....mau harmonisasi otak dari ilmu yg ane dapet waktu masih kuliah dulu...tahun 93 tugas akhir ane ttg eeprom programer....dan setelah baca thread ini....hasilnya....ane jadi bingung ;D .....salut..sampe step by step nya detil...

ucupsz
Senior Contributor
Senior Contributor
Posts: 89
Joined: 08 Feb 2013 01:14

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by ucupsz » 10 Apr 2014 01:56

walah... ternyata orang indonesia... :))
salam kenal om...
top abis berani main hardware!
gw gak berani copot ic. hehehe

btw, ndak minat ngoprek supaya keyboard x220 bisa dipakai full di X230??

User avatar
orangstrees
Contributor
Contributor
Posts: 34
Joined: 15 Feb 2014 21:33
Location: Bogor
Contact:

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by orangstrees » 15 Apr 2014 20:02

supeeeeeeeeeeer sekaliiiiii....

mengerikan tetapi bikin desire

mantab gan, di tunggu tutorial oprekan yang lain
ajib peralatan lengkap dan kameranya itu loh mantab kali...bening
TP-2511125

T420s, 128 SSD, 8GB

pulpenbiru
Administrator
Administrator
Posts: 884
Joined: 30 May 2012 16:41
Location: inside carbon fiber

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by pulpenbiru » 22 Apr 2014 15:43

edan ini tutorial
lengkap... tapi penuh resiko ya
hiii... serem

very good job bro

ucupsz
Senior Contributor
Senior Contributor
Posts: 89
Joined: 08 Feb 2013 01:14

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by ucupsz » 30 Apr 2014 13:18

kang kemod,
file bios yg dimodifikasi oleh sovem setahu ane >4Mb, bisa langsung di write ke bios chip?

User avatar
JazzyJayz
Global Moderator
Global Moderator
Posts: 527
Joined: 01 Jun 2012 06:21
Location: between the letter G, H, and B

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by JazzyJayz » 30 Apr 2014 19:38

ucupsz wrote:kang kemod,
file bios yg dimodifikasi oleh sovem setahu ane >4Mb, bisa langsung di write ke bios chip?
kayaknya om kemod ini post and run om... belom ada update/komen dari empunya thread
mungkin bisa dicoba PM ybs biar direspon om
TP-021-1505
ThinkPad T460s | FHD IPS Display | 8GB DDR4 | 256GB XG4 NVMe M.2 SSD + 256GB SDCard
ThinkPad X220 | HD IPS Display | 8GB DDR3 | 256GB Samsung mSATA PM830 SSD + 500GB SSHD

ucupsz
Senior Contributor
Senior Contributor
Posts: 89
Joined: 08 Feb 2013 01:14

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by ucupsz » 01 May 2014 10:16

JazzyJayz wrote:
ucupsz wrote:kang kemod,
file bios yg dimodifikasi oleh sovem setahu ane >4Mb, bisa langsung di write ke bios chip?
kayaknya om kemod ini post and run om... belom ada update/komen dari empunya thread
mungkin bisa dicoba PM ybs biar direspon om
sepertinya begitu om.
saya coba japri deh.

kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by kangkemod » 12 Jul 2015 02:12

Saya ingin menambahkan sedikit info lagi untuk mengaktifkan Bluetooth pada kartu WiFi combo yang berbeda.

Belakangan ini saya mengganti kartu WiFi combo lama saya (Intel AC7260) dengan Broadcom BCM94360HMB yang diambil dari modul WiFi Go! motherboard ASUS X99 Deluxe. Kartu ini adalah satu-satunya kartu mini PCI-E half size yang saya tahu (X230 Tablet hanya bisa menggunakan half size mini PCI-E di slot WLAN) yang mendukung 3x3 MIMO 3 Stream 802.11ac (1300Mbps)+ BT 4.0 (Intel AC7260 hanya 2x2 MIMO 2 Stream 866Mbps). Setelah pemasangan dan instalasi, WiFi bekerja dengan normal namun Bluetooth tidak tampak di Device Manager. Trik menutup pin no 51 dengan kapton tape tidak berhasil, menekan Fn+F5 juga hanya berfungsi untuk WWAN dan WLAN saja.

Untuk troubleshooting, saya memasang kembali modul Bluetooth bawaan dulu bersamaan dengan kartu Broadcom BCM94360HMB. Switch Bluetooth kini berfungsi kembali dan device manager menampilkan kedua Bluetooth device (dari modul Lenovo dan kartu Broadcom). Kesimpulannya: Lenovo X230 Tablet mungkin tidak mengetahui jika kartu WiFi Broadcom BCM94360HMB memiliki Bluetooth sehingga memutuskan untuk tidak mengaktifkannya walaupun dengan tombol Fn+F5. Setelah saya membuka kontak mini PCI-E WLAN pada board, saya mendapatkan tegangan +3.3V di pin no 51 pada saat Bluetooth aktif dan 0V pada saat Bluetooth tidak aktif. Intel AC7260 justru sebaliknya, sehingga trik kapton tape di pin 51 bisa dilakukan tapi tidak pada kartu Broadcom ini.

Solusinya sederhana, saya menyolder titik pin 51 mini PCI-E WLAN pada board dan menghubungkannya dengan pin no 48 (pin terdekat yang selalu memberikan tegangan +3.3V) menggunakan kabel 30AWG pendek. Hasilnya: mungkin ini unit Lenovo pertama di dunia yang memiliki modul WiFi 802.11ac 3x3:3 @ 1300Mbps dengan BT aktif? :)

Image

Image

kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by kangkemod » 12 Jul 2015 02:16

ucupsz wrote:kang kemod,
file bios yg dimodifikasi oleh sovem setahu ane >4Mb, bisa langsung di write ke bios chip?
File yang saya kirim ke Sovem ada 2 buah, 12MB dan 8MB (hasil dari FPT Backup Tool). Tapi ROM file yang dikirimkan kembali berukuran 4MB.

Cheetor
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 02 Jun 2014 21:09
Location: Indonesia

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by Cheetor » 23 Jul 2015 06:25

kangkemod wrote:Saya ingin menambahkan sedikit info lagi untuk mengaktifkan Bluetooth pada kartu WiFi combo yang berbeda.

............ Kesimpulannya: Lenovo X230 Tablet mungkin tidak mengetahui jika kartu WiFi Broadcom BCM94360HMB memiliki Bluetooth sehingga memutuskan untuk tidak mengaktifkannya walaupun dengan tombol Fn+F5. Setelah saya membuka kontak mini PCI-E WLAN pada board, saya mendapatkan tegangan +3.3V di pin no 51 pada saat Bluetooth aktif dan 0V pada saat Bluetooth tidak aktif. Intel AC7260 justru sebaliknya, sehingga trik kapton tape di pin 51 bisa dilakukan tapi tidak pada kartu Broadcom ini.

Solusinya sederhana, saya menyolder titik pin 51 mini PCI-E WLAN pada board dan menghubungkannya dengan pin no 48 (pin terdekat yang selalu memberikan tegangan +3.3V) menggunakan kabel 30AWG pendek. Hasilnya: mungkin ini unit Lenovo pertama di dunia yang memiliki modul WiFi 802.11ac 3x3:3 @ 1300Mbps dengan BT aktif? :)
Apakah ini juga berlaku pada x220?khususnya x220i?br tau ane kalo modul wifi memiliki bluetooth......makasih infonya om

kangkemod
Senior
Senior
Posts: 18
Joined: 28 Feb 2014 15:21
Location: Jakarta

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by kangkemod » 31 Jul 2015 17:18

Tergantung card apa yang digunakan.

X230 dan X230 Tablet aslinya menggunakan Intel 6200AGN dan Bluetooth module (Broadcom BCM20702) terpisah. Pada tutorial di atas saya menggunakan Intel AC7260 (802.11ac 2x2:2 866Mbps + Intel Bluetooth 4.0) combo dan Broadcom BCM94360HMB (802.11ac 3x3:3 1300Mbps + BCM 920702 Bluetooth 4.0) combo.
Hampir semua mini PCI-E WiFi terbaru paling tidak 3 tahun belakangan ini sudah berupa combo WiFi-Bluetooth.

Mini PCI-E pada hakikatnya adalah slot PCI-E yang 'diminiaturkan' + 1 port USB 2.0 dalam satu interface/slot.
Pada kartu Mini PCI-E WiFi/WiMax combo, chip WiFi/WiMax menggunakan port PCI-E yang cepat dan chip Bluetooth memanfaatkan port USBnya (karena tidak membutuhkan bandwidth besar). Petunjuk yang saya tulis di atas adalah trik untuk mengaktifkan USB switch pada kartu Mini PCI-E tersebut (yang sering kali proprietary tergantung pabrikan kartu, sehingga tidak selalu kompatibel dengan wireless switch di laptop berbeda merk).

Hal yang sama juga berlaku pada kartu WWAN, saya mengupgrade WWAN Mini PCI-E bawaan X230 Tablet dengan kartu combo Sierra Wireless MC7710, salah satu dari sangat sedikit Mini PCI-E WWAN yang mendukung LTE Band 1/3/7/8/20 (kompatibel untuk Indonesia: Telkomsel/Indosat/XL Axiata kini dan masa depan) dan memiliki modul GPS/GLONASS internal. Chip LTE/HSPA/GSM menggunakan port PCI-E sedangkan GPS/GLONASS menggunakan port USBnya.

User avatar
akhyariz
Junior
Junior
Posts: 12
Joined: 05 Feb 2013 19:21

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW

Post by akhyariz » 02 Aug 2015 08:11

ngerri benerr tutorialnya kang....tutorial high-risk nih, akang ini sepertinya memang teknisi specialist motherboard, bisa nih kapan2 kalo thinkpadder ada yang punya masalah hardware/mobo bisa hubungi kangkemod
mantabb...keep posting kang

ega972
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 04 Jun 2017 19:52
Location: Jakarta Timur

Re: [TUTORIAL] Lenovo X230 Tablet BIOS Whitelist Removal (HW)

Post by ega972 » 26 Oct 2017 07:13

Hemm, setelah membaca (walopun telat banget) ternyata gitu ya, yang ane bisa ngerti cuma seal pin 51 doang.. hahaha..
lagi kepengen ngaktifin bluetooth di x230.

tutorialnya mantap gan.. jadi support yang bagus buat yang berani ngoprek thinkpadnya.. semangat terus.. (walopun telat juga ane kasih semangatnya.. :sigh)

Post Reply